Visi

Profil Lab-School

  • Lab School atau  Sekolah laboratorium UNY adalah sekolah yang dikembangkan dan dibina oleh UNY sebagai wahana pelatihan, melakukan penelitian dan melakukan inovasi tentang pembelajaran yang edukatif bagi mahasiswa kependidikan UNY. Sekolah Laboratorium UNY ini juga diharapkan menjadi sekolah model atau sekolah yang ideal, sekolah yang mampu mengawal tercapainya tujuan pendidikan nasional
VISI 
  • Menjadi barometer sekolah laboratorium yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlaq mulia, bernurani, mandiri, berkarakter kebangsaan, dan cendekia sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era global. Hal ini bertitik tolak dari visi misi UNY.
 
MISI 
  1. Menyelenggarakan dan mengelola pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berakhlaq mulia dan berkarakter kebangsaan.
  2. Menyelenggarakan dan mengelola pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berprestasi akademik maupun non akademik bertaraf lokal, nasional, regional, dan internasional.
  3. Menyelenggarakan dan mengelola proses pembelajaran berbasis saintifik, berpusat kepada peserta pendidikan dan pelatihan, dan sesuai dengan tuntutan standar mutu lulusan pada jenjang pendidikan TK, dasar, dan menengah.
  4. Menyelenggarakan dan mengelola proses penilaian dan evaluasi hasil belajar sesuai kewenangannya berbasis kompetensi dan authentic assesment pada jenjang pendidikan TK, dasar, dan menengah.
  5. Mengembangkan sumber daya manusia sesuai dengan tuntutan kompetensi dan profesionalitas berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 
  6. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan berdasarkan tuntutan kurikulum dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada jenjang pendidikan TK, dasar, dan menengah.
  7. Menyelenggarakan dan pengelola pendidikan berdasarkan standar nasional dan atau internasional pada jenjang pendidikan TK, dasar, dan menengah.
  8. Melaksanakan penelitian dan pengembangan dalam bidang kependidikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan sosial ekonomi, dan perkembangan lingkungan masyarakat, baik lokal, nasional maupun global pada jenjang pendidikan TK, dasar, dan menengah.
  9. Mengembangkan  berbagai sumber daya dan  kerjasama untuk mendukung tercapainya visi dan misi P2SL.
  10. Mengembangkan kegiatan peserta didik dengan meningkatkan kreativitas, inovasi, kemandirian, entrepreneurship, dan pengembangan karakter kebangsaan, akhlaq, dan kecendekiaan pada jenjang pendidikan TK, dasar, dan menengah.
  11. Mengembangkan budaya akademik dan non-akademik berlandaskan pada dengan kondisi lingkungan masyarakat, perkembangan IPTEK, dan keunggulan lokal pada jenjang pendidikan TK, dasar, dan menengah.
Tujuan
  • Mewujudkan lembaga pendidikan yang memenuhi standar nasional pendidikan yang diperkaya Mengembangkan sekolah yang sesuai dengan tuntutan masyarakat sekitar, perkembangan IPTEK, dan perkembangan jaman sebagai model bagi sekolah-sekolah lain untuk belajar darinya mendidik para warga belajar agar menjadi insan yang bertakwa, berakhlak mulia, cerdas dan kompetitif
  • Menciptakan lembaga pendidikan yang mengedepankan kearifan local sebagaimana dicanangkan oleh pemerintah daerah Propinsi D I Yogyakarta menyediakan tempat latihan dan praktik pembelajaran bagi mahasiswa UNY program kependidikan memberikan fasilitas bagi dosen dan mahasiswa program kependidikan untuk melakukan penelitian pengembangan berbagai aspek pendidikan menghasilkan calon pendidik yang kompeten dan professional.